HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Menko PMK Muhadjir Effendy pun memimpin secara langsung upacara pemakaman yang dilakukan secara adat militer tersebut.

“Saya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy atas nama negara bangsa dan Tentara Negara Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi jiwa dan raga almarhum,” kata Muhadjir dalam prosesi pemakaman, Selasa (20/9).

Sejumlah pejabat negara pun diketahui hadir dalam proses pemakaman Azyumardi, seperi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga beberapa nama lainnya.

Jenazah Azyumardi sendiri diketahui baru tiba pada Senin (19/9) malam setelah diterbangkan dari Malaysia usai menjalani perawatan intensif.

Azyumardi berpulang pada Minggu (18/9) setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Azyumardi yang saat itu sempat dinyatakan positif Covid-19 hingga harus menjalani perawatan di ruang khusus. Namun, Azyumardi kemudian akhirnya dinyatakan meninggal akibat penyakit kelainan jantung yang dideritanya.