HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menegaskan bahwa dirinya memang sengaja menginginkan adanya persaingan antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Patimban di Jawa Barat yang saat ini terus diperbarui.

Persaingan tersebut menurut Jokowi, akan semakin terlihat dengan dibuatnya akses jalan tol di kedua pelabuhan tersebut yang menyambungkan langsung kawasan industri dengan pelabuhan.

“Iya, ini saya kira di Patimban tolnya di 2024 akan selesai. Nanti yang baik adalah akan ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban,” kata Jokowi, Selasa (20/9).

Dengan adanya persaingan tersebut, Jokowi pun mengklaim akan berimbas kepada pelayanan yang bisa menjadi lebih baik.

“Dan itu yang menyebabkan pelayanan akan jauh lebih baik. Kalau [tidak] ada kompetisi, pasti monopoli, waduh biasanya larinya ke pelayanan yang seenaknya,” tuturnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengklaim bahwa proses pengiriman barang dari wilayah industri di Jawa Barat ke Pelabuhan Tanjung Priok akan semakin membutuhkan waktu yang sangat ringkas.

Hal tersebut diutarakannya Jokowi saat meresmikan jalan tol Cibitung-Cilincing dengan jarak kurang lebih 27 kilometer.

“Untuk Tol Cibitung—Cilincing sepanjang 27,2 kilometer ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat, utamanya mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan- kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi,” kata Jokowi.