HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joe Biden berjanji akan memberikan pasukan AS demi mempertahankan Taiwan, jika mereka diinvasi oleh China. Ini adalah pernyataan Joe Biden yang paling eksplisit tentang isu dua negara tersebut.

“Ya, (pasukan akan diberikan) jika memang ada serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Joe Biden dilansir dari Reuters, Senin (19/9).

Sebagai informasi, selama ini Amerika Serikat kerap kali tampil ambigu dan tidak memberikan kepastian terkait apakah akan memberikan bantuan militer kepada Taiwan jika diganggu China.

Sementara itu, Taiwan telah mengucapkan terima kasih kepada Biden melalui Kementrian Luar Negeri. Taiwan pun bertekad untuk terus memperkuat kemampuan pertahanan diri, dan memperdalam kemitraan keamanan yang erat, antara Taiwan dan Amerika Serikat.

Perlu diketahui, China telah lama mengklaim bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah mereka. China pun dengan blak-blakan mengatakan tak ragu menggunakan kekerasan jika Taiwan menolak untuk menyerahkan diri.