HOLOPIS.COM, JAKARTA – Staff Layanan Informasi dan Kehumasan Unit Pelayanan Taman Margasatwa Ragunan (UPTMR), Wahyudi Bambang menjelaskan bahwa saat ini Kebun Binatang Ragunan sudah kembali memberikan edukasi satwa kepada masyarakat, terutama bagi murid-murid sekolah, pasca pandemi Covid-19.

Diketahui, saat masa pandemi Kebun Binatang Ragunan sempat memutuskan untuk tutup sementara waktu, demi mengurangi penyebaran virus Corona, sehingga edukasi satwa pun terhambat.

“Karena kemarin memang dalam masa pandemi, kita memang tidak bisa ketemu pengunjung langsung,jadi edukasi itu kita lakukan secara virtual,” ungkap Wahyudi saat ditemui Tim Holopis.com.

Lanjutnya, Wahyudi menerangkan bahwa edukasi yang diberikan Kebun Binatang Ragunan diberikan dengan memanfaatkan media sosial.

“Banyak sekolah-sekolah yang meminta kami untuk menjadi Zoo tour guide namun secara virtual, jadi kita membuat live Instagram kemudian melakukan siaran langsung dan itu ditonton oleh murid sekolah, dan murid sekolah pun tidak datang ke sekolah, mereka dari rumah masing-masing untuk menyaksikan secara langsung situasi kebun binatang dalam kondisi pandemi, itu waktu masih pandemi,” tambahnya.

Namun, dalam kondisi normal yang saat ini sudah berlaku, Wahyudi menjelaskan bahwa edukasi sudah mulai diberikan meski masih ada sedikit pembatasan.

“Tapi sekarang sudah mulai anak-anak sekolah boleh masuk (red-Kebun Binatang Ragunan), namun memang belum boleh dilakukan interaksi langsung dengan petugas, masih kita batasi, belum secara langsung dan hanya bisa melihat saja,” pungkasnya.

Maka dari itu, saat ini pengunjung sekolah sudah bisa datang langsung ke Kebun Binatang Ragunan dengan edukasi-edukasi penting yang diberikan.