HOLOPIS.COM, JAKARTA – Analis Pertahanan, Militer dan Intelijen Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, Kepala Staf Angkatan baik itu Darat, Laut, maupun Udara sebenarnya memiliki fungsi untuk membina prajurit TNI.

Hal tersebut disampaikan setelah Conie melihat video diduga Jenderal Dudung yang memperlihatkan rasa tersinggung di depan anak buahnya akibat ucapan anggota Komisi I Effendi Simbolon.

“Kepala Staf fungsinya itu pembinaan bukan penggunaan kekuatan memerintahkan para prajurit, para Pamen, para Pati kalau kita dengar videonya itu semuanya disebut, itu kan sama sudah masuk penggunaan,” kata Connie di kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored seperti dikutip Selasa (20/9).

Selanjutnya, ia menjelaskan penggunaan kekuatan dalam institusi TNI harus berdasarkan perintah Panglima dan Presiden atas izin dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Komisi I DPR.

“Ini pertanyaan saya sederhana saja, apakah Pak Kepala Staf Angkatan Darat tidak tahu bahwa pengguna ini tidak di tangan beliau, itu ditangan Panglima TNI dan Presiden Republik Indonesia sebagai panglima tertinggi itu pun atas izin Kementerian Pertahanan dan Komisi I,” jelasnya.