HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pecinta masakan tradisional, tentu sudah akrab dengan lengkuas. Lengkuas sering menjadi bumbu racikan andalan saat memasak makanan nusantara. Rempah yang berasal dari Asia Selatan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Berdasarkan salah satu kajian, lengkuas sudah lama dipakai untuk pengobatan khas Tiongkok sejak berabad-abad lalu.

Berikut ini, lengkuas untuk manfaat kesehatan :

1. Menurukan Kolesterol

Senyawa antioksidan polifenol dalam rempah ini, dapat menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C pada lengkuas meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, senyawa tersebut, juga meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Mengobati kram otot

Manfaat ini, didapatkan dari kandungan magnesium yang ada pada lengkuas. Mengkonsumsi air rebusan lengkuas dalam kondisi hangat akan meredakan kram otot.

4. Menyembuhkan anemia

Kandungan vitamin C pada tanaman ini, membantu merangsang penyerapan zat besi dari makanan. Penyebab anemia disebabkan oleh kekurangan jumlah zat besi.

5. Mencegah kanker

Senyawa aktif dalam lengkuas, dapat mencegah persebaran sel kanker dalam tubuh. Lengkuas memiliki sifat anti kanker terhadap beberapa macam kanker, seperti melanoma, hepatoma, dan leukimia.

6. Meredakan insomnia

Salah satu manfaat rempah ini, adalah meredakan insomnia. Hal ini dikarenakan, kandungan vitamin B6 atau piridoksin pada ekstraks lengkuas yang dapat mengontrol fungsi otak dan konduksi impuls saraf yang tidak terhalang. Sehingga bagi Sobat Holopis yang menderita insomnia dapat meminum segelas wedang lengkuas dengan madu untuk memtu mendapatkan tidur yang berkualitas.