HOLOPIS.COM, JAKARTA – Warga Palestina dikabarkan telah menemukan sebuah peninggalan sejarah, yakni lantai mosaik era Bizantium di Jalur Gaza.

Dilansir dari Reuters, Senin (19/9), warga Palestina yang berprofesi sebagai petani di wilayah itu secara tidak sengaja menemukan mosaik tersebut ketika hendak menanam pohon.

Mulanya sang petani mencoba mencari tahu mengapa pohon yang ditanamnya tak kunjung berakar dengan baik. Kemudian petani yang bernama Salman al-Nabahin bersama putranya menggali tanah, yang kemudian langsung menemukan mosaik itu.

Terlihat dengan jelas bahwa lantai mosaik tersebut memiliki ornamen yang indah dengan gambar-gambar hewan di atasnya.

“Saya melihatnya sebagai harta karun, bahkan lebih berharga daripada harta karun, karena itu bukan milik pribadi, itu milik setiap orang Palestina,” ungkap Salman.

Mengenai hal ini, Kementerian Pariwisata dan Purbakala Palestina mengatakan lantai itu mencakup beberapa panel mosaik yang menggambarkan hewan dan fitur kehidupan sosial lainnya selama era Bizantium.

“Penemuan arkeologi masih dalam tahap awal dan kami menunggu untuk mengetahui lebih banyak tentang rahasia dan nilai-nilai peradaban,” kata pihak Kementerian.

“Tim peneliti nasional bekerja dalam kemitraan dengan para ahli dan ilmuwan internasional dari Sekolah Arkeologi Prancis,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, dari kabar yang beredar di muka publik mengungkapkan bahwa lantai mosaik era Bizantium tersebut diperkirakan berasal dari abad kelima hingga ketujuh.

Maka dari itu, tak heran bahwa penemuan tersebut membuat heboh warga Palestina, karena itu merupakan sejarah baru yang terungkap.