HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peti mati Ratu Elizabeth II akhirnya melewati Istana Buckingham untuk terakhir kalinya. Iring-iringan peti mati diikuti oleh keempat anaknya, Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Serta cucu-cucunya, Pangeran William dan Pangeran Harry, pada hari Senin (19/9).

Peti mati Ratu Elizabeth II saat ini menuju Constitution Hill dan akan tiba di Wellington Arch. Sementara itu sang cicit, Pangeran George, Putri Charlotte, serta ibu mereka Putri Catherine mengikuti dari dalam mobil.

Terlihat dari tayangan langsung kanal Youtube Holopis Channel, Raja Charles III meninggalkan sebuah pesan untuk mendiang sang ibunda di atas peti mati.

“Dalam kenangan penuh kasih dan pengabdian,” demikian tulisan di pesan tersebut.

Kertas berisi pesan mengharukan itu diletakkan di atas tumpukan bunga yang diambil langsung dari pekarangan Istana Buckingham, Clarence House dan Highgrove House.

Di sepanjang jalan, masyarakat tampak sedih dan terdiam. London pun terasa sunyi dan jauh berbeda dari kehidupan sibuk sehari-harinya.

Ratu Elizabeth II adalah pemimpin kerajaan monarki Inggris terlama sepanjang sejarah. Setelah berkuasa selama 70 tahun, kematian Ratu Elizabeth II adalah berakhirnya sebuah era di Britania Raya.