HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Vladimir Putin tersenyum saat ditanya mengenai balasan serangan dari Ukraina. Dimana Presiden Ukraina mengklaim bahwa saat ini negaranya mulai merebut kembali wilayah-wilayah kekuasaan Rusia, yang mulai mengalami kekalahan terparah sejak Februari.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (17/9), Putin justru mengatakan bahwa Rusia akan memberikan respons yang lebih kuat jika pasukannya mendapatkan tekanan lebih lanjut.

“Pihak berwenang Kiev mengatakan, mereka telah meluncurkan serangan balasan yang aktif. Kita lihat saja perkembangannya bagaimana,” kata Putin sambil tersenyum.

Ini merupakan komentar publik pertama Putin tentang kabar ‘kalahnya’ Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina. Sebuah kemunduran yang dikecam keras oleh para komentator militer Rusia.

Sebagai informasi, saat memutuskan untuk menyerang Ukraina di tanggal 24 Februari, Putin mengatakan bahwa invasi tersebut memang harus dilakuakn demi mencegah rencana Barat dalam memecah belah Rusia.

Sementara Barat beranggapan bahwa serangan Rusia terhadap Ukraina tidak beralasan dan mereka adalah penjahat perang yang melakukan agresi terhadap negara merdeka.