HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk paling padat ke-4 di dunia. Oleh karena itu, tak heran banyak daerah padat penduduk, terutama wilayah DKI Jakarta. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) setiap 1 km² dihuni 15 ribu penduduk.

Namun, ada beberapa daerah di Indonesia yang sepi penduduk. Tempat ini cocok untuk Sobat Holopis yang ingin rehat sejenak dari riuhnya kota besar.

Berikut ini 7 daerah paling sepi di Indonesia :

1. Kepulauan Tidore

Kepulauan Tidore
Kepulauan Tidore

Kepulauan Tidore terletak Maluku Utara yang dulunya terkenal sebagai tempat penghasil rempah-rempah. Kepadatan penduduk di wilayah ini hanya sebanyak sebesar 71 jiwa/km².

2. Subulussalam

Subulussalam
Subulussalam

Kota yang masih baru di Provinsi Aceh ini terbentuk pada tahun 2007. Kepadatan penduduk di kota ini hanya sebanyak 67 jiwa/km². Sedangkan luas Subulussalam sebesar 1.391 km².

3. Dumai

Dumai
Dumai

Menjadi salah satu kota penghasil minyak di Riau, tidak membuat wilayah ini menjadi ramai. Kota Dumai hanya dihuni 174 jiwa per km². Sementara luas wilayahnya sebanyak 1.772 km² .

4. Pagar Alam

Pagar Alam
Pagar Alam

Kota Pagar Alam terletak di Sumatera Selatan, jumlah penduduk wilayah ini sebanyak 189.761 jiwa. Luas wilayah Pagar Alam adalah 655 km². Sehingga setiap 1 km² hanya dihuni 211 penduduk saja.

5. Palangka Raya

Palangka Raya
Palangka Raya

Kota yang terletak di Kalimantan Tengah ini memiliki luas wilayah 2.853 km². Kota Palangka Raya dihuni oleh 266.020 penduduk. Diperkirakan setiap 1 km² Palangka Raya hanya dihuni 93 jiwa.

6. Sawah Lunto

Sawah Lunto
Sawah Lunto

Kota ini dihuni 62.534 jiwa dengan luas wilayah 273 km². Kepadatan penduduknya hanya 230 penduduk per km².

7. Sungai Penuh

Sungai Penuh
Sungai Penuh

Tak seperti namanya yang penuh, kota ini justru termasuk sepi. Memiliki luas wilayah 391km², kota yang berada di Provinsi Jambi ini ditinggali 90.910 jiwa. Oleh karena itu, kepadatannya hanya 231 jiwa per km².