HOLOPIS.COM, JAKARTA – Halaman utama berbagai media sosial saat ini sedang dipenuhi dengan berita meninggalnya pemimpin kerajaan Inggris terlama sepanjang sejarah, Ratu Elizabeth II.

Tak sedikit pula warga Indonesia yang kembali mengingat momen saat ibu dari Raja Charles III tersebut mengunjungi Indonesia di tahun 1974. Saat itu, Ratu Elizabeth II didampingi oleh suaminya, Pangeran Philip.

Saat itu, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menjadi tamu kenegaraan pada Maret 1974. Kehadiran sang ratu disambut oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Sepanjang perjalanan, rombongan kerajaan dikawal oleh Polisi Militer. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip kemudian dijamu oleh Presiden Soeharto, serta istrinya Siti Hartinah (Ibu Tien).

Bahkan, Soeharto memberikan oleh-oleh keris Bali untuk sang pangeran. Di Jakarta, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip mengunjungi beberapa lokasi seperti Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan Museum Sejarah Jakarta.

Ratu Elizabeth II dan Presiden Soekarno
Ratu Elizabeth II dan Presiden Soekarno.

Kemudian Ratu Elizabeth II menyempatkan diri ke Yogyakarta dan bertemu dengan Sultan Hamengku Buwono IX, di Keraton Yogyakarta, dan tak ketinggalan mengunjungi Bali.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia dengan damai di Istana Balmoral, Skotlandia pada hari Kamis (8/9) waktu setempat atau Jum’at (9/9) dini hari WIB. Ia adalah pemimpin kerajaan terlama sepanjang sejarah, selama 70 tahun.

Sebagai pewaris takhta, Charles pun resmi menjadi Raja Inggris, yang baru saja melakukan proklamasi secara resmi pada hari Sabtu kemarin (10/9).