HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meskipun dagingnya kecil dan agak repot memakannya, tetapi banyak yang menyukai buah duku. Selain rasanya enak, manis dan enak, ternyata buah satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mencegah sembelit, hingga menjaga sistem saraf.

Mencegah Sembelit

Dilansir dari Hellosehat, kondisi sembelit biasanya sering terjadi karena asupan serat yang kurang terhadap tubuh. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah duku yang mengandung 4.3 gram serat, maka bisa membantu mencegah sembelit.

Menjaga Sistem Saraf

Buah duku ternyata juga bisa membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi, serta menjaga sistem saraf. Ini karena buah duku juga mengandung berbagai jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, serta niasin.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sama seperti buah lainnya, buah duku mengandung banyak vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Ini sangat baik apalagi dengan banyaknya virus yang menular di luaran sana.

Obat Anti Malaria

Ternyata, siapa sangka bahwa buah duku bisa menjadi obat anti malaria. Bukan dagingnya, namun biji buah duku yang memiliki khasiat tersebut. Berdasarkan penelitian terhadap biji duku yang diterbitkan di Journal Phytochemistry, ekstrak biji duku ditemukan dapat mengobati malaria.

Namun, Sobat Holopis tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika menderita malaria karena ini adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya.