HOLOPIS.COM, JAKARTA – Raja Charles III tiba di Istana Buckingham untuk pertama kalinya sebagai pemimpin monarki baru di Inggris. Raja Charles dan istrinya, Ratu Consort Camilla memasuki pintu Istana Buckingham sambil melewati masyarakat yang berkumpul, pada Jum’at (9/9) waktu setempat.

Setelah menyapa para rakyat yang memenuhi Istana Buckingham, Raja Charles dan Ratu Consort Camilla juga melihat barisan bunga yang diletakkan di depan Istana untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II.

Masyarakat yang berkumpul pun menyanyikan lagu kebangsaan baru Inggris, God Save The King, Saat Raja Charles III berjalan melewati kerumunan.

Raja Charles menyapa masyarakat di Istana Buckingham
Raja Charles menyapa masyarakat di Istana Buckingham.

Raja Charles juga menjabat beberapa tangan para pengunjung. Bahkan seorang pengunjung dengan spontan mencium tangan Raja Charles untuk menunjukkan belasungkawanya.

Otomatis menjadi Raja setelah ibunya meninggal, Raja Charles mengatakan bahwa kematian Ratu Elizabeth II adalah kesedihan yang mendalam untuknya.

Raja Charles III dan Ratu Consort Camilla
Raja Charles III dan Ratu Consort Camilla.

“Kematian ibu saya yang tercinta, Yang Mulia Ratu, telah menjadi kesedihan terdalam untuk saya dan keluarga,” kata Raja Charles dalam pernyataan resminya, Jum’at (9/9).

Ratu Elizabeth II meninggal dunia dengan damai di Istana Balmoral, Skotlandia. Ia adalah pemimpin kerajaan terlama sepanjang sejarah, selama 70 tahun.