HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas ke-39 2022 akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Jumat (9/9) nanti.

Peringatan Haornas ke-39 tersebut akan digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain dihadiri langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin, acara puncak Haornas ke-39 nanti juga turut meliputi Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Daerah serta Stakeholder olahraga di seluruh Indonesia, dimana hal tersebut menandakan bahwa partisipasi mereka menjadi bukti kolaborasi dan komitmen kuat bersama untuk membangun kemajuan olahraga Indonesia.

Dalam hal ini, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyatakan bahwa, kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang.

“Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan spod science,” kata Menpora Amali, sebagaimana rilis yang didapat Tim Holopis.com, Rabu (7/9) kemarin.

Lanjutnya, Menpora Amali berharap lahirnya UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomo 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), bisa berkontribusi untuk mencapai tujuan pembangunan olahraga lebih luas lagi, yaitu mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia.

Selain itu, Menpora juga menuturkan bahwa olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi.

Berdasarkan hal tersebut, Peringatan Haornas ke-39 2022 kemudian mengambil tema Bersama Cetak Juara.

“Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan,” tukas Menpora Amali.