HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hidup minimalis merupakan konsep mempunyai hal yang membuat bahagia dan menyingkirkan yang tidak membuat bahagia. Bisa dibilang, konsep ini menjalani kehidupan yang sederhana.

Hidup minimalis berarti kita hidup dengan apa yang kita butuhkan, walaupun tidak banyak namun berkualitas. Slogan yang sering dilontarkan adalah less is more.

Namun, bagaimana cara memulai hidup minimalis?

1. Fokus kebutuhan

Dikehidupan yang serba mudah ini, banyak sekali yang membeli barang yang tidak diperlukan dengan alasan lucu atau mumpung lagi diskon, bahkan karena tuntutan gaya hidup. Sobat Holopis mulailah membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat aja. Cara ini juga dapat membantu Sobat Holopis lebih berhemat.

2. Nikmati proses yang berjalan

Akhir-akhir ini kebahagiaan seseorang diukur dari karir atau pencapaian yang cemerlang. Dimana hal tersebut, membuat seseorang berambisi untuk menjadi yang terbaik tanpa menerapkan gaya hidup yang seimbang.

Tidak ada salahnya Sobat Holopis senang dengan pencapaian yang saat ini karena yang terpenting adalah bagaimana kehidupan bekerja dan waktu bersantai dapat berjalan beriringan.

Selain itu, hindarilah obsesi tentang barang-barang mewah dan up to date. Hal ini dilakukan agar perasaan menjadi lebih bahagia karena tidak perlu terbebani tentang tagihan dan tren yang ada. Sejatinya kebahagiaan tidak hanya terletak pada seberapa mahal benda yang kita miliki.

3. Rapikan barang yang tidak digunakan

Slogan less is more merupakan memiliki barang sedikit jauh lebih baik daripada banyak. Melalui cara ini Sobat Holopis dapat memilah-milah barang yang sudah tidak terpakai dan memberikan kepada orang yang sedang membutuhkan. Cara ini dapat membuat ruangan Sobat Holopis lebih rapi dan segar.

4. Jangan malas rawat barang

Ketika sudah memiliki barang, seringkali malas untuk merawatnya, kebiasaan ini harus diubah. Barang yang cepat rusak dan membuat Sobat Holopis membeli lagi membuat boros pengeluaran. Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin agar barang bisa digunakan dalam waktu jangka panjang.