Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Sebut Negara Butuh Ribuan Triliun Untuk Bangun Infrastruktur

Sri Mulyani Sebut Negara Butuh Ribuan Triliun Untuk Bangun Infrastruktur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati membutuhkan dana yang besar untuk membangun infrastruktur.

Disebutkan Ani, sapaan akrabnya, Indonesia butuh ribuan triliun untuk mendanai proyek pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air.

“Kebutuhan infrastruktur itu bukan Rp 100 triliun, Rp 200 triliun, Rp 700 triliun. It can be ribuan triliun. Pemerintah Indonesia terus berikhtiar,” kata Sri Mulyani dalam acara penyelesaian transaksi antara PT Waskita Toll Road dengan INA, Selasa (6/9).

Bendahara Negara itu mencatat, dan yang telah digelontoran pemerintah untuk mendanai investasi Proyek Strategi Nasional (PSN) di bidang infrastruktur untuk pada periode 2016-2022 sendiri telah mencapai Rp716,4 triliun.

Sejauh ini, setidaknya sudah ada 128 PSN yang dibangun oleh pemerintah sejak tahun 2016 lalu.

“128 PSN ini biaya investasinya sebesar Rp716,4 triliun,” bebernya.

Sejak 2016, lanjut Sri Mulyani, Indonesia mulai mencanangkan untuk membangun Indonesia. Pasalnya setelah dilakukan indentifikasi permasalahan infrastruktur, ditemukan bahwa Indonesia dari sisi rangking masuk sebagai negara emergency yang memiliki gap insfrastruktur amat serius.

Sehingga selain membangun sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur juga menjadi hal yang penting bagi Indonesia. Investasi untuk infrastruktur jadi keharusan dan menjadi tantangan sekaligus tugas yang harus diselesaikan.

“Jadi kita bicara ingin membangun Indonesia menjadi negara maju, menjadi negara high income, menjadi negara yang kompetitif, produktif, maka tidak ada pilihan selain investasi di bidang sumber daya manusia. Maka investasi di bidang infrastruktur menjadi persyaratan,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.