HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan, terdapat motif lain Partai Buruh melakukan demonstrasi serentak di seluruh Indonesia.

“Karena namanya politik kan, aksi-aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Partai Buruh, organisasi buruh, tentu ini ada paling tidak ada dua kepentingan,” kata Karyono kepada Holopis.com, Selasa (6/9).

Karyono menjelaskan, kepentingan pertama yang dibawa adalah sebagai Partai Buruh sudah sewajarnya membela dan melindungi hak-hak kaum buruh.

“Kepentingan untuk untuk membela kaum buruh dalam hal ini, organisasi buruh menentang atau menolak kenaikan harga BBM, ya karena dampaknya berpengaruh pada kesejahteraan buruh gitu,” jelasnya.

Selanjutnya, sebagaimana partai politik pada umumnya, agenda ini tak lepas dari motif politik untuk mendapatkan dukungan publik.

“Tapi di sisi yang lain tentu ada motif politik, ya karena Said Iqbal, dia mendirikan sebuah partai politik tentu saja ada motif politik di balik itu, yaitu untuk mengkapitalisasi yang memanfaatkan isu ini untuk menarik simpati pemilih ya,” ungkap Karyono.