Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizPemerintah Pastikan Stok Pangan hingga Akhir Tahun Aman

Pemerintah Pastikan Stok Pangan hingga Akhir Tahun Aman

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) memastikan stok pangan di Indonesia aman hingga akhir tahun 2022.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah kebijakan terkait penguatan pangan di Tanah Air, salah satunya yakni penguatan stok beras.

Airlangga menuturkan, pemerintah secara inten memonitor dan mengevaluasi penerapan kebijakan pangan nasional agar sesuai dengan kondisi terkini. Hal itu dilakukan agar kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi secara merata.

“Diputuskan yang pertama tentang kebijakan pembelian gabah/beras petani dengan fleksibilitas harga, dan yang kedua adalah Badan Pangan Nasional menugaskan kepada Perum Bulog dalam rangka penguatan stok CBP untuk melakukan pembelian gabah/beras dengan menggunakan fleksibilitas harga,” kata Menko dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Kebijakan Pangan (2/09).

Dia mengatakan, panen gadu dari para petani Indonesia diperkirakan akan sebesar 5 juta ton. Oleh karena itu, Airlangga berharap agar Bulog dapat menyerap sampai dengan 1,2 juta ton dengan fleksibilitas harga.

Berdasarkan data dari Badan Pangan Nasional, sejumlah bahan makanan pada Agustus 2022 mengalami deflasi sebesar 2,64 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

Adapun komoditas bahan makanan yang memberikan andil deflasi pada bulan Agustus 2022 adalah bawang merah 0,15 persen, cabai merah 0,12 persen, cabai rawit 0,07 persen, minyak goreng 0,06 persen, daging ayam ras 0,06 persen, tomat 0,03 persen, ikan segar, kemudian jeruk dan bawang putih masing-masing 0,01 persen.

Sementara komoditas yang memberikan andil dalam inflasi yaitu telur ayam ras dan beras yang masing-masing sebesar 0,02 persen.

“Dari angka tersebut, kemarin kita juga telah rapat dengan seluruh gubernur dan meminta seluruh gubernur untuk membantu menekan harga inflasi kenaikan harga melalui berbagai HM.4.6/485/SET.M.EKON.3/09/2022 upaya antara lain dengan operasi pasar dan mengatur transportasi sebagai dukungan memperlancar distribusi,” pungkas Menko Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.