HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah hingga kini belum juga memberikan kepastian kapan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar akan naik. Padahal, kabar kenaikan harga BBM sejuta umat itu sudah mencuat sejak beberapa pekan terakhir.

Lantas kapan kiranya harga BBM bersubsidi naik?

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya tersenyum tanpa memberikan penjelasan detail terkait kapan kenaikan harga tersebut akan terjadi.

“Kemarin kan saya sudah sampaikan. Kalkulasinya sudah disampaikan kepada saya. Hitung-hitungannya sudah disampaikan kepada saya. Tinggal ini, kita putuskan,” kata Jokowi saat konferensi pers usai meninjau penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM di Bandar Lampung, Sabtu (3/9).

Sebelumnya, Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa pemerintah masih melakukan kalkulasi terkait harga BBM bersubsidi.

“Untuk (kenaikan harga) BBM-nya semuanya masih dikalkulasi, dan hari ini akan disampaikan kepada saya mengenai hitung-hitungan dan kalkulasinya,” kata Jokowi Jumat kemarin.

Mantan Gubernur DKI itu beberapa waktu lalu juga sudah menyampaikan bahwa pihaknya memang masih menunda kenaikan harga BBM lantaran proses kalkulasi mengenai hal tersebut harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

“BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati. Masih dalam proses dihitung dengan penuh kehati-hatian ya,” kata Jokowi kala itu.