Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dandhy Laksono : Rezim Jokowi Mirip Soeharto

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sutradara film dokumenter Dandhy Dwi Laksono mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mirip dengan rezim orde baru.

“Tapi rezim Jokowi juga mirip Soeharto. Tempat korupsi, kerusakan lingkungan, dan pelanggaran HAM tumbuh subur,” kata Dandhy melalui Twitter @Dandhy_Laksono, Sabtu (3/9).

Dandhy menyoroti ketika pandemi melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, malah tidak menerapkan UU Karantina dengan dalih anggaran tidak mencukupi kebutuhan rakyat, tapi faktanya justru korupsi merajalela.

“Di tengah pandemi, UU Karantina tak dipakai dengan dalih tak cukup dana mengongkosi jatah hidup rakyat, tapi suntik dana ke BUMN atau “cash transfer” ala Kartu Prakerja dan Bansos yang dikorup,” tuturnya.

“Saat orang tak bebas bergerak, UU Minerba, Omnibus Law, penggembosan KPK, dikebut,” sambungnya.

Kemudian, ia juga menyebutkan, Presiden Jokowi lebih menyukai gaya pemerintahan yang menggunakan strategi quick wins atau percepatan program fisik.

“Jokowi berkuasa dengan strategi ‘quick wins’ lewat proyek infrastruktur dan aneka ‘cash transfer’, karena paling mudah terlihat,” sebut Dandhy.

Selanjutnya, Dandhy mengungkapkan tidak ada inovasi di sektor lainnya, meskipun beban APBN semakin berat.

“Tak ada terobosan di sektor lain seperti hukum, kesehatan, agraria, lingkungan. APBN pun kedodoran. BBM dinaikkan. Solusinya ‘cash transfer’ lagi,” lanjutnya.

Meskipun era Jokowi mirip Soeharto, tetapi jurnalis investigasi itu menyampaikan di beberapa kebijakan terlihat serupa dengan Soekarno.

“Dalam beberapa hal, mirip Soekarno di mana proyek-proyek mercusuar, kampanye militer di Papua dan ‘ganyang Malaysia’, bersanding dengan ekonomi rakyat yang sekarat,” ungkapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru