HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korea Selatan akan melakukan survey ke publik untuk menentukan apakah boyband global mereka, BTS akan tetap ditugaskan menjalani wajib militer.

“Para anggota parlemen harus melakukan survey secepat mungkin. Kementrian juga akan memeriksa dampak ekonomi yang diberikan BTS, kepentingan militer, dan keuntungan nasional,” demikian disampaikan oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan, Lee Jong Sup, dilansir dari AP, Kamis (1/9).

Pembahasan mengenai wajib militer dan anggota BTS memang kerap kali menjadi topik hangat. Hal tersebut karena salah satu anggota BTS, Jin, telah menerima jadwal wajib militernya di bulan Desember, saat usianya memasuki angka 30 tahun.

Tak sekedar survey sembarangan, pencarian data harus dilakukan dengan agensi survey yang jelas, berapa lama dilakukan, dan siapa saja yang akan disurvei.

Sebagai informasi, Korea Selatan mewajibkan seluruh pria dewasa yang sehat secara fisik untuk dilatih militer selama 18 hingga 21 bulan.

Peraturan itu dibentuk untuk mengantisipasi ancaman-ancaman dari Korea Utara. Namun sejauh ini, Korea Selatan telah memberikan pengecualian untuk atlet, musisi, dan seniman yang telah bertaraf internasional karena dianggap mengharumkan nama bangsa.