Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Dorong Pemilik NIB Ajukan Pinjaman Modal ke Bank

Jokowi Dorong Pemilik NIB Ajukan Pinjaman Modal ke Bank

HOLOPIS.COM, PAPUA – Presiden Jokowi membagikan kurang lebih 2.700 Nomor Induk Berusaha kepada pengusaha UMKM di Provinsi Papua.

Dengan pemberian NIB tersebut, Jokowi pun kemudian mendorong para pelaku UMKM tersebut untuk mengajukan modal usaha mereka ke pihak Bank.

“Apa gunanya setelah dapat NIB, apa gunanya? Bapak-Ibu menjadi pengusaha formal karena telah memiliki izin yang namanya Nomor Induk Berusaha (NIB) seperti ini. Terus kalau sudah pegang ini, untuk apa? Bapak-Ibu bisa akses permodalan ke bank, minta yang namanya KUR (Kredit Usaha Rakyat),” kata Jokowi, Rabu (31/8).

“Jadi segera, segera manfaatkan yang namanya NIB ini, kemudian akses ke permodalan yang namanya KUR,” sambungnya.

Jokowi mengklaim, pinjaman di Bank masa kini sangat berbeda jauh kondisinya saat dulu dirinya masih menjadi pengusaha.

“Saya dulu ingat pertama kali berusaha, saya pinjam Rp30 juta ke bank. Tapi bunganya enggak kayak KUR sekarang, bunganya mahal dulu. KUR sekarang bunganya berapa? Tiga persen, tapi itu disubsidi pemerintah loh, bukan dari bank. Itu disubsidi oleh pemerintah supaya usaha mikro, usaha kecil kita bisa berkembang dengan cepat,” bebernya.

Mantan Walikota Solo itu kemudian juga menceritakan perjalanan bisnis rekannya dahulu yang gagal karena keliru dalam perhitungan peminjaman ke Bank hingga tidak sanggup mengembalikannya.

“Karena teman-teman saya dulu, saat saya masih UMKM, banyak yang jatuh dan enggak bisa bangun karena keliru ngitung. Sekali lagi, gunakan pinjaman bank itu untuk semuanya total modal usaha, modal kerja, modal investasi,” bebernya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian berpesan agar modal yang dipinjamkan Bank tersebut tidak digunakan untuk membeli barang mewah yang tidak berkaitan dengan usaha.

Tapi saya titip, hati-hati, yang namanya pinjam ke bank itu hati-hati, harus dikalkulasi, harus dihitung yang detail. Jangan sampai keliru ngitung, karena itu bukan duit Bapak-Ibu semuanya,” pesannya.

“Itu duitnya bank yang harus dikembalikan, yang harus dicicil, yang harus diangsur setiap bulannya. Kalau ngitung kira-kira enggak masuk, enggak usah pinjam. Dihitung, masih untung, bisa mengangsur, silakan pinjam,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.