Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizMiris, BBM Subsidi Ternyata Banyak Dinikmati Orang Kaya

Miris, BBM Subsidi Ternyata Banyak Dinikmati Orang Kaya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengungkap subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti Pertalite dan Solar ternyata sebagian besar dinikmati oleh masyarakat golongan atas atau orang kaya.

Bendahara negara itu kemudian merinci, sebanyak 86 persen subsidi BBM jenis Pertalite dinikmati oleh masyarakat orang kaya. Persentase tersebut, kata dia, setara dengan anggaran senilai Rp80 triliun.

“Sedangkan yang Pertalite juga sama, 86 persen atau Rp 80 triliun adalah yang menikmati rumah tangga top 3 dari total kita subsidi Rp 93 triliun,” kata Sri Mulyani (25/8).

Hal serupa juga terjadi pada BBM subsidi jenis solar, yakni dari total anggaran subsidi sebesar Rp143 triliun, sebanyak 89 persen atau Rp 127 triliun yang menikmati adalah dunia usaha dan orang kaya.

Artinya, masyarakat miskin yang menikmati BBM subsidi jenis Peertalite hanya 3,9 juta Kilo Liter (KL) dari kuota yang ditetapkan pemerintah sebesar 23 juta KL untuk tahun ini. Sedangkan sisanya yang sebesar 15,8 juta dinikmati oleh orang kaya.

Solar juga sama, dari kuota yang ditetapkan sebesar 15 juta kiloliter itu hanya kurang dari 1 juta kiloliter yang dinikmati masyarakat golongan bawah atau miskin.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan yang merupakan bendahara negara itu mengungkap bahwa stok untuk BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar akan habis dalam waktu dekat.

Dia merinci, stok untuk solar subsidi yang disediakan pemerintah hingga akhir tahun nanti sebesar 15 juta KL, saat ini sudah terpakai sebanyak 9,88 juta KL. Apabila mengikuti tren komsumsi yang berjalan selama tahun 2022 ini, kuota solar subsidi itu diprediksi akan habis pada bulan Oktober 2022 ini.

Sementara untuk BBM subsidi jenis Pertalite yang kerap disebut sebagai BBM sejuta umat ini diprediksi akan habis lebih awal, yakni di bulan September 2022. Prediksi itu didasarkan pada tren komsumsi yang saat ini terjadi.

“Artinya tiap bulan 2,4 juta kilo liter habis. Kalau itu diikuti, akhir September habis pak untuk Pertalite,” ungkapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.