Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dukung IKN, Aktivis Satwa Harap Habitat Monyet Bekantan Dijaga

Maka, ditambah dengan kehadiran IKN di Provinsi Kaltim khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara, diharapkan dapat membawa dampak positif yang lebih besar bagi kawasan wisata Sungai Hitam yakni semakin tingginya jumlah wisatawan dalam dan luar negeri. Selain itu, dengan kehadiran IKN di Kaltim dapat menunjang sektor ekowisata yang telah ada di Kampung Lama Kecamatan Samboja dengan memberikan bantuan yang lebih besar sehingga dapat memajukan wisata alam lokal khas Kalimantan.

“Bantuan ini sangat diperlukan karena sejak terjadinya pandemi Covid-19 telah memukul sektor wisata nasional termasuk Lokasi Wisata Sungai Hitam. Rendahnya jumlah pengunjung mengakibatkan tekanan bagi pengurus Pokdarwis Sungai Hitam Lestari (Kampung Lama) khususnya dari segi operasional. Namun, saat ini telah terjadi pemulihan kedatangan wisatawan atau wisman dalam negeri dan diharapkan semakin meningkat lagi jumlah kunjungan wisman untuk obyek minat khusus Monyet Bekantan Sungai Hitam,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aidil menjelaskan bahwa saat ini hambatan yang dihadapi Pokdarwis Sungai Hitam, terkait biaya operasional yaitu gaji karyawan juga permasalahan limbah sampah buangan warga masyarakat atau domestik yang sering mengotori aliran Sungai Hitam. Belum adanya pengelolaan sampah yang terintegrasi oleh Pemkab Kukar menimbulkan permasalahan pembuangan sampah ke aliran sungai oleh penduduk yang tinggal di bantaran sungai karena faktor masih rendahnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sungai yang bersih.

“Permasalahan sampah perlu segera diatasi karena membawa dampak negatif bagi kelestarian lingkungan dan keberlangsungan wisata daerah Satwa Monyet Bekantan Sungai Hitam,” ucapnya.

“Kebersihan adalah salah satu kunci dari berhasilnya pengelolaan kawasan wisata berbasis lingkungan. Besar harapan dengan adanya Otorita IKN dapat membantu permasalahan pengelolaan sampah di aliran Sungai Hitam,” pungkas Aidil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru