HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sayur kol kerap kali menjadi jenis sayur andalan masyarakat Indonesia yang bisa disulap menjadi banyak menu. Mulai dari sop, capcay, hingga bakwan.

Ternyata, tak hanya enak dan mudah disimpan, sayur kol memiliki banyak manfaat baik dan nutrisi untuk tubuh, apa saja sih?

Melancarkan Sistem Pencernaan

Dilansir dari hellosehat, Kol adalah sayuran sumber serat. Kandungan serat yang ada di dalam kol tidak langsung bercampur dengan air, sehingga kandungan akan masuk ke saluran penceraan dan membantu mencerna makanan.

Serat yang tidak larut air seperti yang ada di dalam kol juga bisa membantu melancarkan pergerakan kotoran dalam usus agar tidak terjadi sembelit.

Menurunkan Tekanan Darah

Sayur kol mengandung kalium tinggi yang bisa membantu mengatur tekanan darah. Kol mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengeluarkan natrium berlebih melalui air urin. Natrium adalah garam yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Otak yang Sehat

Sayuran ini juga bisa menjaga fungsi kognitif otak agar tetap optimal. Cara kerjanya, nutrisi dalam kol bisa membantu melancarkan aliran darah pada otak agar mudah mengingat, serta menyerap dan memproses informasi

Mencegah Kanker

Kol juga mengandung vitamin C yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.
Radikal bebas ini lah yang dapat merusak sel tubuh dan memicu berbagai penyakit termasuk kanker.

Kol juga mengandung sulforaphane yang berfungsi sebagai antioksidan dan menangkal sel kanker.