Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizMenteri ESDM Ragu Jadikan Data Bansos Sebagai Acuan Penerima BBM Subsidi

Menteri ESDM Ragu Jadikan Data Bansos Sebagai Acuan Penerima BBM Subsidi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini tengah menyusun program subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) tepat sasaran.

Dalam penyusunan program tersebut, Arifin mengaku masih mempertimbangkan penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan penerima BBM subsidi.

“Kami dukung program tepat sasaran yang sudah kita gulirkan dengan gunakan data-data yang ada di DTKS untuk dimanfaatkan,” kata Arifin dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI yang dikutip Kamis (25/8).

Sebagai informasi, DTKS biasanya digunakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin.

Diakuinya, penggunaan data bansos merupakan opsi yang bagus untuk program penyaluran BBM tepat sasaran. Namun Arifin mengaku masih mempertimbangkan terkait penggunaan data bansos tersebut.

“Jadi data ini untuk tepat sasaran bisa dilaksanakan, bantuan langsung ini bisa dialokasikan dengan tepat,” paparnya.

Adapun saat ini, lanjut Arifin, pihaknya juga tengah bekerjasama dengan Korlantas Polri untuk mendapatkan data kendaraan, yang nantinya akan digunakan untuk menyusun dan menggolongkan kendaraan dari para penerima subsidi BBM sejuta umat itu.

“Kita kerja sama dengan Korlantas untuk dapat data kendaraan, biasanya ya dalam BPKB kendaraan dan di STNK ada CC-nya sekian liter dan kapasitas volumenya berapa,” ungkap Arifin.

Pihaknya juga tak berhenti melakukan penindakan penyelewengan BBM Subsidi di lapangan. Razia-razia terus dilakukan pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi terkait.

“Beberapa waktu lalu ada razia, aparat menemui kasus penimbunan dan sebagainya, kita harap bisa diinsetifkan lagi memasuki semester dua dan akhir tahun,” sebut Arifin.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Stagnan, Anteng di Level Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Sabtu 28 September 2024.

IHSG Sepekan Cuma Naik Tipis, Kapitalisasi Pasar Malah Turun

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau mengalami kenaikan tipis selama perdagangan sepekan terakhir ini, yakni pada periode 23-27 September.

Harga Emas di Pegadaian Hari ini : Galeri24 dan Antam Stagnan, UBS Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Sabtu 28 September 2024.

Buruh Minta Kenaikan Upah Minimum Tahun 2025 Jadi 8-10%

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)...