Dengan kerjasama ini, ia mengatakan bahwa BNPP akan sangat terbantu dalam hal pendanaan untuk pengembangan dan pemberdayaan manusia di kawasan perbatasan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya apresiasi Baznas karena dengan Nota Kesepahaman ini, kami bisa mendapatkan sumber pendanaan non APBN. Mempercepat pembangunan di perbatasan untuk pemerataan pembangunan, adalah sesuai visi Presiden membangun dari pinggiran,” kata Tito.

Kemudian, Tito juga menekankan bahwa sudah menjadi tugas bersama bagaimana memperkuat perbatasan di Indonesia saat ini. Khususnya mengupayakan agar masyarakat di perbatasan mendapatkan kesejahteraannya.

“Kalau ekonominya kuat, maka pertahanan strategisnya akan kuat,” tambahnya.

Sekedar diketahui, bahwa nota kesepahaman tersebut mengatur lingkup kerjasama membangun perbatasan antara lain; Pembangunan ekosistem ekonomi terpadu terdiri atas pemberdayaan ekonomi pedesaan dan UMKM, pembangunan ekosistem kesehatan terpadu terdiri atas layanan kesehatan kuratif dan promotif, program pendidikan masyarakat perbatasan dan program beasiswa perbatasan, penyediaan rumah layak huni dan sumber air, sinergi menjadikan 1.000 orang muzaki baru di kecamatan Kawasan perbatasan negara dengan prioritas kemiskinan ekstrem.

Baznas dengan didukung oleh BNPP dan TNI melakukan sinergi pemberdayaan mustahik atau penerima zakat yang menyasar wilayah perbatasan. TNI dan BNPP selama ini telah menjadi garda terdepan di daerah perbatasan dan pesisir.

Kemudian, BAZNAS ikut membantu melalui program-program pemberdayaan masyarakat melalui dana zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya.

Wilayah bantuan BAZNAS di Perbatasan antara lain: Desa Seurapong, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Desa Jirak, Kec. Sajad, Kab. Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Desa Sulung, Kec. Sejangkung, Kab. Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Kab. Kepulauan Meranti, Prov. Riau, Desa Sungai Limau, Kec. Sebatik Tengah, Kab. Nunukan, Prov. Kalimantan Utara, Desa Talawid, Kec Kendahe, Kabupaten Talawid, Provinsi Sulawesi Utara, Kelurahan Abepantai, Kecamatan Abepura, Kota Jayapura, Propinsi Papua, Desa Jenilu, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu, Prov. Nusa Tenggara Timur, Ambulans laut di Pulau Tanjung Balai Karimun, Kepri, Bantuan jaring nelayan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Dalam rencana ke depannya, dalam waktu dekat BAZNAS akan melakukan pembangunan rumah sehat BAZNAS di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud. Serta dengan penandatangan komitmen ketiga lembaga, maka upaya untuk menciptakan kawasan perbatasan yang lebih berdaya saing, diharapkan semakin lebih cepat terwujud.