Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizDPR Usul MUI Keluarkan Fatwa Beli BBM Subsidi, Haram atau Halal?

DPR Usul MUI Keluarkan Fatwa Beli BBM Subsidi, Haram atau Halal?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi masih menjadi perbincangan publik.

DPR RI melalui Komisi VII DPR pun turut mengambil tindakan terkait wacana kenaikan harga BBM sejuta umat itu, dengan mengundang Kementerian ESDM dalam Rapat Kerja (Raker) di Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari ini, Rabu (24/8).

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Willy Midel Yoseph pun mengusulkan kepada pemerintah yang dalam hal ini Kementerian ESDM untuk mengeluarkan semacam fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait dengan pembelian BBM bersubsidi.

Fatwa ini dimaksudkan agar pembelian BBM subsidi hanya dapat dilakukan oleh masyarakat yang berhak atau masyarakat yang dalam kategori miskin.

“Sejauh ini ada pengawasan dan diawasai tetap yang menikmati tetap orang-orang mampu, Makanya ini ada usulan menggunakan fatwa atau pendekatan secara spiritual gitu,” kata Willy, Rabu (24/8).

Hal itu menjadi usulan Willy ketika pihaknya melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh agama, termasuk MUI.

Seperti diketahui, pemerintah mencatat kuota BBM Pertalite per Juli 2022 hanya tersisa 6,2 juta Kilo Liter (KL) dari kuota yang ditetapkan sebanyak 23 juta KL untuk tahun ini.

Sementara untuk Solar subsidi hingga Juli 2022 hanya tersisa sebanyak 5,01 juta KL dari kuota tahun ini yang mencapai 14,91 juta KL.

Adapun untuk sisa kuota kedua jenis BBM subsidi tersebut diprediksi akan habis pada pertengahan Oktober ini.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar, Mukhtarudin meminta pemerintah untuk segera bertindak secepatnya, baik itu pembatasan atau penambahan kuota.

“Regulasi Perpres harus dipercepat, kalau tidak pembatasan tidak bisa dilakukan, kalau pengetatan tidak ada saya yakin ini jebol. Artinya ini khawatir kita, terjadi kelangkaan di mana-mana dan ini persoalan luar biasa di bangsa ini,” terang Mukhtarudin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.