HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menegaskan bahwa kondisi di Jakarta saat ini sudah masuk ke kondisi tidak nyaman.

Kondisi tidak nyaman yang dimaksud Latif adalah ketika kepadatan lalu lintas yang terjadi di Ibukota sudah mencapai angka 48 persen.

“Kemarin kemacetan Jakarta sudah 48 persen. Jadi ini betul-betul sudah tidak nyaman. Kalau sudah di angka itu, sudah crowded sekali,” kata Latif, Selasa (23/8).

Latif menjelaskan, kemacetan lalu lintas di Ibu Kota terbagi dalam dua periode waktu. Pertama, kemacetan terjadi pada pagi hari atau tepatnya ketika warga memulai aktivitas pada pukul 07.00-09.00 WIB.

Sementara kemacetan kedua, lanjut Latif, terjadi pada saat masyarakat selesai beraktivitas dan kembali ke rumah pada pukul 16.00-18.00 WIB.

Selain itu, Latif juga mengungkapkan setidaknya ada tujuh pintu masuk jalan tol menuju Jakarta yang kerap terjadi kemacetan lalu lintas. Ketujuh pintu tol itu antara lain Tol Cikampek, Priok, dan Jagorawi.

Sejumlah jalan arteri menurut Latif, juga menjadi lokasi rawan kemacetan di Jakarta. Pihaknya mencatat setidaknya ada 18 lokasi yang menjadi perhatian polisi.

“(Jalur rawan macet ) di antaranya Cakung, Kalimalang, Lenteng Agung, Fatmawati, Lebak Bulus, serta Daan Mogot,” bebernya.