Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPembatasan Pembelian BBM Subsidi Bakal Berbasis STNK

Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Bakal Berbasis STNK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah akan menerapkan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi.

Airlangga mengatakan, pembatasan terhadap BBM sejuta umat itu akan berbasis pada nomor kendaraan yang tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Ini kita bicara (pembatasan) mobil, bukan orang. Basisnya adalah STNK,” kata Airlangga, Sabtu (20/8).

Dijelaskan Airlangga, pembatasan ini dilakukan agar subsidi yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah agar tepat sasaran. Karena selama ini mobil-mobil dan motor ber-cc besar ikut menikmati subsidi, sementara harga keekonomian Pertalite menurut Airlangga adalah Rp13.150 per liter, bahkan hingga Rp17.200 menurut perhitungan Pertamina.

“Pembatasan harus memastikan subsidi tepat sasaran, dan tidak ada antrean. Kalaupun habis (kuota BBM subsidi), nanti kuota ditambah lagi,” kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan, nantinya para pengguna kendaraan wajib mendaftarkan kendaraan mereka di website subsiditepat.mypertamina.id untuk bisa menikmati subsidi.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan bahwa PT Pertamina Patra Niaga selaku pelaksana akan melakukan pembatasan pembelian Pertalite dan solar subsidi dengan dengan menggunakan QR Code yang tercantum dalam aplikasi MyPertamina.

Namun, terkait dengan waktu penerapan pembatasan tersebut hingga kini belum bisa dipastikan, lantaran pihak Pertamina masih harus mengumpulkan datanya terlebih dahulu.

Sebagaimana diketahui, pemerintah pada tahun ini telah menambah anggaran subsidi energi menjadi Rp502,4 triliun demi menjaga harga BBM, gas hingga listrik agar tidak mengalami kenaikan di tengah kenaikan harga energi global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.