Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizHarga Emas Antam Sepekan Anjlok Rp18.000

Harga Emas Antam Sepekan Anjlok Rp18.000

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang (Antam) hari ini mengalami penurunan.

Melansir dari laman resmi logammulia.com, harga emas Antam pada perdagangan hari ini, Sabtu (20/8) turun Rp2.000 menjadi Rp972.000 per gram.

Penurunan dengan besaran yang sama juga terjadi pada harga pembelian kembali (buyback). Kini, harga buyback emas antam berada di level Rp837.000 per gram.

Apabila dilihat dalam sepekan ini, emas logam mulia keluaran perusahaan pelat merah ini mengalami penurunan sebesar Rp18.000 secara point to point.

Sementara untuk harga buyback sendiri juga mengalami hal yang sama, dengan besaran Rp16.000.

Adapun pemicu utama penurunan harga emas Antam ini yakni anjloknya harga emas di pasar global. Tercatat dalam sepekan terakhir, harga emas di pasar spot anjlok lebih dari 3 persen.

Hal itu disebabkan oleh nilai dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat dalam sepekan terakhir ini, dengan penguatan mencapai 0,64 persen.

Kendati demikian, Analis Senior dari OANDA, Craig Erlam menilai harga emas ke depan masih prospektif. Saat tren penguatan dolar AS mereda, maka emas akan kembali berkilau.

“Harga emas mampu bertahan pekan-pekan sebelumnya. Jadi saat reli dolar AS melambat, maka emas akan kembali menguat dengan cepat,” kata Erlam, seperti dikutip Reuters, Sabtu (20/8).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.