Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cara Mengatasi Leher Kaku Setelah Bangun Tidur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bangun tidur dengan ceria merupakan impian semua orang, tapi bagaimana jika ketika terbangun leher terasa sakit dan sulit digerakan. Sebaiknya kondisi ini segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas Sobat Holopis.

Ada beberapa penyebab leher kaku saat bangun tidur, di antaranya posisi tidur yang salah, bantal yang tidak cocok, penyakit saraf kejepit atau ketegangan otot.

Berikut cara mengatasi leher kaku :

  • Kompres dengan air hangat

Air hangat dapat digunakan untuk melemaskan otot yang kaku. Rendam handuk ke wadah berisi air hangat, lalu peras airnya dan tempelkan handuk ke leher yang sakit. Lakukan selama 10 menit.

Selain handuk, Sobat Holopis juga bisa mengisi botol dengan air hangat untuk mengatasi leher kaku. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

  • Kompres Es

Selain air hangat, es juga membantu mengatasi leher yang sakit dan kaku. Salah satu sakit di leher adalah peradangan atau inflamasi. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan dan pembengkakan pada leher. Oleh karena itu, es batu ampuh untuk mengatasi inflamasi yang menyebabkan sakit.

  • Lakukan peregangan

Setelah letak nyeri diketahui, Sobat Holopis bisa melakukan peregangan secara pelan-pelan. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas otot tanpa terasa sakit. Caranya dengan menggerakan kepala keatas dan kebawah, kemudian menengok ke kiri dan kanan, terakhir miringkan ke kiri dan kanan.

  • Hindari aktivitas leher

Sobat Holopis sebaiknya menghindari aktivitas menggunakan leher dan kepala, seperti menari, menyetir kendaraan, dan lainnya. Istirahatkan leher dengan nyaman.

  • Pijat Leher

Salah satu cara ampuh mengatasi leher yang kaku dengan memijat menggunakan minyak esensial. Cara ini bisa melemaskan otot kaku. Saat memijat lakukan dengan lembut agar tidak semakin memperparah keadaan. Tak hanya itu, minyak esensial juga bisa membuat SObat Holopis menjadi rileks.

  • Gunakan bantal yang empuk

Penyebab leher kaku adalah penggunaan bantal yang tidak nyaman. Oleh karena itu, Sobat Holopis harus menggunakan bantal yang lembut dan nyaman, lebih baik lagi kalau bantalnya disesuaikan bentuknya dengan leher.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru