HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kasus kebocoran data milik instansi pemerintahan di Indonesia kali ini kembali mengalami kebocoran data.

Kali ini kebocoran data tersebut dialami oleh Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN yang berhasil dibobol oleh peretas.

Dari pantauan holopis, Jumat (19/8), penjualan tersebut dilakukan di forum hacker bernama Breach Forums oleh pemilik akun Lolyita.

“Hi, Im selling data PLN 17 MILLION++ with field ID, Idpel, Name, Consumer Name, Energy Type, Kwh, Address, Meter No, Unit Upi, Meter Type, Nama Unit Upi, Unit Ap, Nama Unit Ap, Unit Up, Nama Unit Up, Last Update, Created At,” tulis keterangan akun tersebut.

Data yang berhasil diretas tersebut diduga berisi ID lapangan, ID pelanggan, nama konsumen, alamat, tipe energi, nomor meter, besaran Kwh, dan lain sebagainya.

Untuk meyakinkan calon pembeli, pelaku (hacker) dengan nama akun ‘Loliyta’ itu menampilkan beberapa sampel data korban beserta alamat lengkapnya.

Saat dikonfirmasi ke Kemenkominfo, belum ada konfirmasi apapun mengenai dugaan kebocoran data yang sudah berulang kali terjadi di instansi pemerintahan tersebut. Sebut saja data pengguna BPJS Kesehatan pun sempat mengalami kebocoran dan belum diketahui proses penyelesaiannya lebih lanjut.