HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemain bintang LA Lakers, LeBron James berhasil mengukir catatan baru sebagai pemain berpenghasilan tertinggi sepanjang sejarah NBA.

Dilansir dari unggahan Instagram @wojespn Jumat (19/8), LeBron James menjadi pemain terkaya dengan mengantongi uang senilai 532 juta USD sejak dirinya bermain di NBA tahun 2003 lalu, dan otomatis mengungguli bintang milik Brooklyn Nets yakni Kevin Durant.

https://www.instagram.com/p/ChXx0d8Oxet/

Capaian tersebut didapat LeBron James pasca menandatangani kontrak baru dengan LA Lakers senilai 97,1 juta USD, pada Kamis (18/8).

Dalam kesepakatannya, LeBron James menandatangani perpanjangan kontrak dengan durasi dua tahun sesuai dengan aturan NBA ‘Collective Bargaining Agreement’.

Dengan begitu, LeBron James akan bertahan hingga musim 2024-2025 karena dirinya masih memiliki sisa kontrak dari kesepakatan sebelumnya dengan Lakers.

Gelar pemain terkaya NBA menjadi pantas untuk disandangnya. Tercatat, LeBron James akan mendapatkan bayaran sebesar 44,5 juta USD di tahun ini, yang kemudian akan terus meningkat pada musim selanjutnya yakni 2023-2024 dan 2024-2025.

Bayarannya pun akan semakin besar hingga menyentuh angka 111 juta USD atau sekitar Rp 1,6 triliun jika batas gaji NBA mengalami peningkatan di musim 2023-2024 nanti.

Dalam kesepakatan perpanjangan kontraknya juga bersama Lakers, turut melekat trade kicker sebesar 15 persen.

Maka dari itu, tak heran bahwa LeBron James kini menjadi pemain dengan berpenghasilan terbesar dalam sejarah NBA.

Sebagai informasi tambahan, aturan Collective Bargaining Agreement, mendorong pemain yang akan berusia 38 tahun atau lebih hanya bisa menandatangani perpanjangan kontrak selama dua musim. Hal ini berlaku bagi LeBron James yang kini berusia 37 tahun.

Selain itu, ada istilah trade kicker, hal tersebut merupakan sebuah kesepakatan atau perjanjian yang memungkinkan pemain terkait akan mendapatkan bayaran lebih jika tim yang dibela menukarnya ke tim lain.