Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tak Hanya PLN, Ratusan Data Perusahaan Negara Diduga Turut Alami Kebocoran Data

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ratusan perusahaan milik negara diduga ikut mengalami kebocoran data mulai dari BRI, Pertamina dan beberapa perusahaan lainnya.

Kebocoran data tersebut kemudian diperjualbelikan di forum para hacker Breach Forums, seperti data 17 juta pelanggan PLN yang sebelumnya ikut mengalami kebocoran.

Dari pantauan, Jumat (19/8), data yang dijual tersebut berupa data penting perusahaan mulai dari data pajak, lisensi perusahaan serta berbagai data penting dan rahasia lainnya.

Besarnya data yang dijual tersebut bahkan tertulis mencapai 347 GB, yang berisi lebih dari 2 ribu data perusahaan.

Diduga daftar perusahaan yang bocor tersebut bisa dilihat di link yang sudah tersebar luas ini.

1. https://hastebin.de/opodejosas.properties
2. https://hastebin.de/oteyucukup.properties

Data peretasan
Tangkapan layar data perusahaan negara dan swasta yang dijual di media sosial.

Saat dikonfirmasi ke Kemenkominfo, belum ada konfirmasi apapun mengenai dugaan kebocoran data yang sudah berulang kali terjadi di instansi pemerintahan tersebut. Sebut saja data pengguna BPJS Kesehatan pun sempat mengalami kebocoran dan belum diketahui proses penyelesaiannya lebih lanjut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru