HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kemanusiaan Sedunia atau World Humanitarian Day (WHD) diperingati setiap tanggal 19 Agustus untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan ribuan pria dan wanita yang mempertaruhkan nyawa demi bekerja untuk tujuan kemanusiaan.

Jenis-jenis pekerjaan yang mempertauhkan nyawa dan kesehatan tersebut adalah seperti para pahlawan yang berdedikasi kepada para penduduk negara dunia ketiga yang masih dilanda kemiskinan.

Dokter yang bertugas di tempat terpencil dan memeriksa pasien.
Dokter yang bertugas di tempat terpencil dan memeriksa pasien (Foto: iStock)

Terkadang, pekerjaan-pekerjaan ini sebenarnya memperaruhkan nawa mereka, namun hal tersebut tidak mengurungkan niat para pahlawan untuk berbuat kebaikan.

Sejarah Singkat Hari Kemanusiaan Sedunia

Hari Kemanusiaan Sedunia ini ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2008. Hari peringatan dipilih setelah terjadi insiden mematikan bom bunuh diri di Hotel Canal, Baghdad Irak di tahun 2003.

Sergio Vieira de Mello
Diplomat PBB, Sergio Vieira de Mello.

Seorang teroris yang melakukan bom bunuh diri telah membunuh 20 orang, termasuk utusan tinggi PBB di Irak, Sergio Vieira de Mello.

Pada tahun 2022, Hari Kemanusiaan Sedunia memiliki tema #TheHumanRace atau Ras Manusia. Ini akan menjadi tantangan global dalam bekerja sama untuk menangani perubahan iklim serta membantu mereka yang membutuhkan.