HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mendampingi Presiden Jokowi di Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, menyampaikan bahwa pramuka menjadi bagian dari generasi muda yang juga harus diberikan perhatian.

“Pagi ini saya mendampingi Presiden Jokowi meninjau Jamnas 2022. Tadi beliau menyampaikan bahwa Jamnas 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya,” ungkap Menpora Amali pasca meninjau Jamnas 2022, sebagaimana rilis yang didapat tim Holopis, Jumat (19/8).

Menpora Amali juga menjelaskan bahwa Jamnas XI tahun ini memiliki beragam kegiatan melalui pendekatan bersifat edukasi, rekreasi, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif dan menantang.

“Pramuka itu selain pelaksanaan pembinaan melalui sekolah, ada juga di kelompok masyarakat, bahkan ada di kelompok mahasiswa sehingga itu menjadi tugas Kemenpora untuk mendampingi dan membina mereka,” ucapnya.

Menpora Amali menambahkan, antusias peserta Jamnas 2022 kali ini terlihat sangat luar biasa.

“Bapak Presiden Joko Widodo tadi keliling di semua tempat. Bapak Presiden sangat terkesan dengan penyelenggaraan Jamnas 2022,” sambungnya.

Sebagai informasi, Jamnas XI 2022 diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta Cibubur) Jumat (19/8).

Jamnas XI 2022 itu sendiri mengusung tema Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi. Turut juga diisi dengan beragam kegiatan yang berkaitan dengan Patriotisme, Scouts for SDG’s, Sustainability, New Energy, Up Date Kekinian and Digital serta Networking and Grab the Future.

Terkait hal ini, Budi Waseso selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka menjelaskan bahwa Jamnas 2022 turut diikuti 12 ribu peserta dari masing-masing Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia. Kemudian, termasuk juga utusan dari organisasi Pramuka di kawasan Asia Pasifik.

Selain itu, Budi Waseso atau yang kerap disapa Buwas juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan turut menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang dianjurkan, karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Ya jadi satu orang satu tenda, kalau dulu kan satu tenda satu regu, di mana mereka juga kita kenalkan bagaimana kita harus ikut mencegah daripada berkembangnya penularan virus,” tukasnya.