Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Konstitusi Indonesia : Tonggak Pembentukan Sistem Ketatanegaraan Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peringatan Hari Konstitusi Indonesia sebenarnya baru disahkan sejak tahun 2008 yang lalu. Padahal, momentum ini sebenarnya bersamaan sejak deklarasi Indonesia Merdeka pada 1945 silam.

Di tahun 2008, pada tanggal yang sama, beberapa lembaga di antaranya, Lembaga Kajian Konstitusi, Pimpinan Majelis Permusyawaratan Daerah, dan juga berbagai komponen masyarakat lainnya sepakat agar Indonesia memiliki sebuah hari Konstitusi Nasional.

Upaya deklarasi pun kemudian dilakukan oleh lembaga-lembaga yang menandatangi deklarasi tersebut.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang saat itu dipimpin Hidayat Nurwahid pun akhirnya menyetujui agar 18 Agustus ditetapkan sebagai Hari Konstitusi Republik Indonesia.

Dengan adanya permintaan dari berbagai pihak mengenai hari bersejarah tersebut, Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun kemudian mengeluarkan Keppres No 18 Tahun 2008 tentang Hari Konstitusi per tanggal 10 September 2008.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru