HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulan Agustus menjadi hari yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya. Pada bulan ini, terjadi peristiwa yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, tepatnya pada pukul 10.00 WIB, Bapak Proklamator yang sekaligus Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno dengan didampingi Drs. Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan tersebut, menjadi tanda bangsa Indonesia terbebas dari belenggu para penjajah.

Namun, dalam memproklamirkan kemerdekaan tersebut tentu bukan perkara yang mudah. Terdapat serangkaian peristiwa yang harus dilalui, mulai dari perumusan naskah, penentuan tempat proklamasi dan peristiwa penting lainnya.

Sebagai generasi yang menikmati buah dari proklamasi kemerdekaan tersebut, penting bagi Sobat Holopis untuk mengetahui sejarah dan isi teks proklamasi agar tidak lupa jasa para pahlawan bangsa.

Namun, sebelum membahas tentang sejarah singkat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebaiknya kita kenali dulu apa arti dari ‘proklamasi kemerdekaan’.

Pengertian proklamasi kemerdekaan

Istilah ‘Proklamasi’ berasal dari bahasa Latin, yaitu proclamare yang memiliki arti berupa pengumuman atau pemberitahuam pada khalayak umum. Pengumuman yang dimaksud ialah pengumuman yang berkaitan dengan hal-hal ketatanegaraan.

Sedangkan ‘Proklamasi Kemerdekaan’ mempunyai arti, yakni pengumuman kepada seluruh rakyat akan kemerdekaan yang telah dicapai negaranya.

Pengumuman kemerdekaan tersebut bukan hanya ditujukan kepada rakyat yang merasakan kemerdekaan, tetapi juga ditujukan kepada rakyat yang ada di seluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di dunia.

Dengan Proklamasi Kemerdekaan yang sudah diumumkan dan diberitahukan kepada seluruh warga dunia, maka seluruh dunia pun akan tahu bahwa ada negara baru yang terbebas dari jajahan negara lain.

Proklamasi Kemerdekaan yang terjadi pada suatu negara sangatlah berarti bagi bangsanya. Proklamasi Kemerdekaan merupakan sebuah tanda bahwa suatu negara dan bangsa telah mencapai revolusi, mencatatkan sejarah perjuangan, dan yang terpenting adalah terbebas dari cengkraman para penjajah.

Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia

Melansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek), peristiwa Proklamasi Kemerdekaan bermula saat sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945, yang kemudian disusul dengan jatuhnya bom atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945.