HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyoroti kondisi pendidikan anak anak Indonesia yang masih harus ditingkatkan lebih baik lagi.

Mantan Walikota Solo itu bahkan menyatakan, sudah seharusnya di level anak-anak serta mahasiswa sudah bisa dikenalkan dunia kerja sejak dini melalui pendidikan yang mereka terima.

“Akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini,” kata Jokowi, Selasa (16/8).

Selain itu, Jokowi menegaskan bahwa semua agenda besar pemerintah yang telah disusun tersebut harus ditopang oleh manusia Indonesia yang unggul.

“Untuk itu, di bidang kesehatan, stunting harus cepat dipangkas. Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata,” tegasnya.

“Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi,” sambungnya.

Oleh karena itu, Jokowi menambahkan budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama.

“Seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung. Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah,” pungkasnya.