HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lagu ‘Ojo Dibandingke’ (penulisan dalam bahasa Jawa ‘Aja Dibandingke’) mendadak viral usai dinyanyikan oleh penyanyi cilik Farel Prayoga saat momen upacara 17 Agustus yang diselenggarakan di Istana Merdeka pada hari Ini, Rabu (17/8).

Lagu berbahasa Jawa dengan aransemen pop bercampur dangdut dan campursari itu menjadi perbincangan netizen di media sosial (medsos).

Bagaimana tidak, lantunan lagu itu membuat tamu undangan yang hadir dalam momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI itu tak tahan untuk ikut berjoget.

Sejumlah pejabat negara pun seperti tak bisa menahan dorongan untuk ikut berjoget, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Lantas siapa sebenarnya sosok pencipta lagu ‘Ojo Dibandingke’ tersebut?

Berdasarkan penelusuran Holopis.com, lagu ‘Ojo Dibandingke’ merupakan ciptaan seniman asal Musik, Boyolali, yaitu Agus Purwanto atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Abah Lala.

Abah Lala
Agus Purwanto alias Abah Lala

Seniman kelahiran Boyolali ini memulai kariernya di dunia musik dangdut modern sejak tahun 2009 lalu. Mulanya, Abah Lala berkarier sebagai seorang penari Gedruk, tarian tradisional khas Boyolali.

Selain menjadi penari, ia juga sempat menjadi penyanyi di grup Gedruknya yang bernama Saleho.

Kala itu, Abah Lala yang menjadi ketua Saleho berhasil membawa grup tersebut sampai ke Mancanegara.

Seperti dilansir dari kanal YouTubenya yang bernama Abah Lala Official, dirinya pernah menciptakan jargon ‘cendol dawet’ yang juga viral di media sosial.

Jargon itu pun sukses membawa Abah Lala naik daun dan membuat namanya kian dikenal masyarakat Indonesia, khsusnya para penikmat lagu dangdut Jawa modern.

Adapun nama Abah Lala yang saat ini dipakainya sebagai nama panggung itu bermula dari kejadian erupsi Merapi. Di mana saat itu ia berkomunikasi dengan menggunakan HT. Dirinya saat itu menggunakan panggilan Lala yang terinspirasi dari nama salah satu anggota di serial film anak berjudul Teletubbies.

Sementara, lagu Ojo Dibandingke dirilis Abah Lala di kanal YouTube pribadinya pada dua bulan yang lalu. Lagu tersebut hingga kini telah ditonton sebanyak 1,2 juta kali.

Sebulan kemudian, Abah Lala berduet dengan penyanyi asal Ngawi, Jawa Timur, Denny Caknan di kanal YouTube DC Production. Duet dengan aransemen baru itu sempat trending satu di YouTube Indonesia pada awal perilisannya.

Duet tersebut hingga kini pun masih bertengger di peringkat 7 trending YouTube Indonesia dan telah ditonton sebanyak 28 juta kali.

Lagunya pun kini telah beberapa kali dipakai untuk membuat konten media sosial seperti Instagram Reels dan TikTok.