HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kantor Statistik Nasional atau Office for National Statistics (ONS) Inggris mencatat inflasi di bulan Juli 2022 mencapai 10,1 persen. Angka itu merupakan inflasi yang tertinggi dalam 40 tahun terakhir.

Melansir dari BBC Rabu (17/8), Bank of England (BoE) memprediksi angka inflasi di bulan Agustus 2022 ini bisa menyentuh angka 13 persen, yang artinya lebih tinggi dari prediksi para ekonom sebelumnya.

Seperti diketahui, lonjakan harga pangan serta energi berkontribusi besar terhadap tingginya inflasi di Inggris. Kondisi itu membuat biaya sehari-hari terus merangkak naik, bahkan lebih cepat dibanding dengan kenaikan upah.

Bedasarkan data ONS, komoditas pangan dan minuman non-alkohol menjadi penyumbang terbesar atas kenaikan inflasi pada Juli 2022 ini.

Tercatat harga roti, sereal, susu, keju, dan telur menjadi komoditi pangan yang naik paling cepat. Sementara harga sayuran, daging, dan coklat juga ikut naik.

Kenaikan harga juga dialami barang-barang kebutuhan pokok lain, seperti tisu toilet, pakan hewan peliharaan, hingga sikat gigi.

Di bidang transportasi, terjadi kenaikan harga tiket pesawat dan tiket kereta api Internasional. Harga paket liburan juga naik, karena permintaan meningkat.