HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah menonton siaran langsung upacara 17 Agustus dan ikut perlombaan, tampaknya masih belum lengkap kalau Sobat Holopis dan keluarga tidak berjalan-jalan mengelilingi kota untuk semakin merasakan suasana Hari Kemerdekaan.

Kalau biasanya pilihan wisata masyarakat kota adalah pusat perbelanjaan, restoran, dan bioskop, mengunjungi museum-museum dengan nilai sejarahnya dapat membuat tanggal 17 Agustus lebih bermakna dan semakin bangga menjadi orang Indonesia.

Apa saja sih museum yang bisa dikunjungi dalam rangka 17 Agustus?

Museum Nasional (Monas) Jakarta

Monumen Nasional
Monumen Nasional (Foto: iStock)

Siapa sih yang tidak tahu Monas? Kalau biasanya masyarakat hanya mengambil foto monas dari depannya saja, banyak yang berlum pernah memasuki museum yang ada di dalamnya.

Bahkan masih banyak warga Jakarta yang belum pernah naik hingga ke puncak monas. Ikon kota Jakarta ini berada di daerah Gambir dan penuh dengan sejarah-sejarah nasional.
Pada lantai dasar, ada diorama-diorama yang unik dan menjadi cara mempelajari sejarah yang asyik.

Ketika menaiki puncak monas, Sobat Holopis bisa menyaksikan keindahan dan hiruk pikuk kota Jakarta dari ketinggian. Lengkap deh!

Museum Sejarah Jakarta / Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah (Foto: iStock)

Museum yang lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah ini adalah cagar budaya dan tempat kesenian warga Jakarta. Terletak di Kota Tua, museum ini lengkap dengan berbagai fasilitas seperti kantin, tempat beribadah dan toko-toko.

Museum ini juga memiliki ruangan sinema yang memutar film – film dokumenter.
Di dalamnya, Sobat Holopis bisa melihat peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Padjajaran, dan koleksi ribuan buku.

Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia

Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia
Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia.

Tidak lengkap jika merayakan 17 Agustus tanpa melihat sejarah dari perjalanan bangsa Indonesia.

Dengan mengunjungi gedung Arsip Nasional Republik Indonesia yang berada di Jalan Ampera Jakarta Selatan ini, Sobat Holopis bisa melihat perjalanan bangsa dalam bentuk diorama.

Diorama-diorama tersebut menceritakan masa proklamasi, mulai dari kerajaan-kerajaan hingga reformasi.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Akhirnya, Sobat Holopis wajib ke museum ini. Berada di Menteng Jakarta Pusat, gedung ini adalah monumen peristiwa dari proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Di dalam museum, Sobat Holopis bisa menyaksikan mebel kuno, dan aksesoris yang menggambarkan suasana peristiwa perumusan naskah proklamasi.

Nah, itu dia beberapa museum yang bisa dikunjungi saat 17 Agustus. Sobat Holopis mau pilih yang mana dulu nih?