HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi meminta para elite politik bisa menjaga nilai-nilai demokrasi menjelang pemilihan umum serentak 2024 mendatang.

Dalam sidang bersama MPR RI, Jokowi meminta agar politik yang digunakan pun tidak lagi menjadi polarisasi sosial dan justru memecah persatuan.

“Adapun untuk tahapan pemilu yang sedang dipersiapkan oleh KPU harus kita dukung sepenuhnya. Saya ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial,” kata Jokowi, Selasa (16/8).

“Demokrasi kita harus semakin dewasa. Konsolidasi nasional harus diperkuat,” sambungnya.

Jokowi kemudian mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kontribusinya selama ini untuk menjaga keutuhan berbangsa di masyarakat melalui jalurnya masing-masing.

“Terima kasih kepada ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kebudayaan, yang telah berkontribusi besar memperkokoh fondasi kebangsaan kita serta merawat persatuan dan kesatuan nasional,” tukasnya.

Selain itu, Jokowi kemudian meminta dukungan dari sejumlah pihak agar jalannya pesta demokrasi nanti bisa berjalan dengan aman dan damai.

“Saya juga mengharapkan dukungan dari semua lembaga-lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri kita ini, untuk memperkokoh ideologi bangsa,” pungkasnya.