HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini Selasa (16/8), menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta.

Orang nomor satu di Indonesia tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 09.00 WIB. Didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Pimpinan Negara itu nampak elegan memakai baju adat Bangka Belitung berwarna hijau. Sementara Ibu Iriana terlihat mengenakan baju kebaya berwarna merah muda.

Berdasarkan susunan acara yang telah dibagikan, Jokowi akan menyampaikan pidato sebanyak dua kali. Pidato pertama disampaikan sekitar pukul 09.30 WIB.

Kemudian pada pukul 13.30 WIB, Jokowi akan kembali berpidato mengenai penyampaian keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023, beserta nota keuangannya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam acara tersebut menggunakan baju adat Surakarta.

Ma’ruf Amin nampak mengenakan atasan sikepan hitam dipadu dalaman putih dengan hiasan rantai arloji di dada. Kemudian di sampingnya terlihat lambang kepresidenan.

Untuk bawahan, Ma’ruf menggunakan kain jarik batik cokelat motif sidomukti dan selop berwarna emas. Wakil pemimpin negara itu juga nampak mengenakan blangkon trepes (rata bagian belakang).