HOLOPIS.COM, JAKARTA – Akademi Piala Oscar akhirnya meminta maaf kepada seorang akris keturunan Indian Amerika, Sacheen Littlefeather, akibat sebuah insiden di panggung 50 tahun yang lalu.

“Kami menyampaikan permohonan maaf yang terdalam dan juga sebuah kekaguman,” kata Ketua Akademi Oscar, David Rubin, dilansir dari Skynews, Selasa (16/8).

Momen ikonik itu terjadi pada tahun 1973, di mana aktor legendaris Marlon Brando menolak penghargaan Piala Oscar dan mengirim Sacheen untuk naik ke atas panggung menggantikan dirinya.

Hal itu dikarenakan Marlon Brando yang protes terhadap diskriminasi dan penggambaran stereotipe Hollywood terhadap aktor dan aktris keturunan penduduk asli Amerika tersebut.

Tak berjalan mulus, Littlefeather yang menolak saat disuguhkan piala milik Brando, disoraki oleh beberapa pentonton. Meski demikian ia tetap melanjutkan pidato ikoniknya dan menerima beberapa tepuk tangan.

Akibat aksi berani tersebut, sang aktris langsung menerima boikot serta didiskriminasi selama 50 tahun, sebuah sejarah yang disesali oleh Piala Oscar.

Sacheen Littlefeather saat menolak Piala Oscar milik Marlon Brando
Sacheen Littlefeather saat menolak Piala Oscar milik Marlon Brando.

Permohonan maaf yang dikeluarkan setelah 50 tahun itu diterima oleh Sacheen yang saat ini sudah berusia 75 tahun.

“Terkait permohonan maaf Akademi, kami orang Indian sangat sabar, baru 50 tahun kok,” katanya bercanda.

Menurut Sacheen, sangat penting untuk mempertahankan selera humor di saat – saat seperti ini sebagai cara untuk bertahan hidup.

Sebagai informasi, Piala yang secara terkenal ditolak oleh Marlon Brando tersebut adalah penghargaan untuk karakternya di film ikonik The Godfather.