HOLOPIS.COM, JAKARTA – Momen Hari Kemerdekaan 17 Agustus akan lebih afdhol jika ditemani dengan menonton film-film yang berbau kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan.

Melalui film-film ini, kita bisa merasakan kembali bagaimana ujian dan tantangan para pahlawan dan masyarakat Indonesia saat itu hingga akhirnya Indonesia merdeka dan dinikmati oleh para generasi penerus bangsa.

Tak harus film-film lawas, banyak loh film-film kemerdekaan baru yang mungkin Sobat Holopis belum tonton. Apa saja sih film-film yang cocok ditonton menuju 17 Agustus?.

Soekarno (2013)

Soekarno (2013)
Soekarno (2013)

Seusai dengan judul film yang tidak neko-neko, film ini menceritakan tentang perjuangan Soekarno dalam memerdekakan Indonesia hingga akhirnya membacakan Proklamasi di tanggal 17 Agustus 1945. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Ario Bayu sebagai presiden pertama RI, Soekarno.

Merah Putih (2009)

Merah Putih (2009)
Merah Putih (2009)

Dalam film ini, kita bisa melihat perjuangan para pahlawan Indonesia saat melakukan perlawanan terhadap Belanda pada Agresi Militer I. Film ini juga dibintangi aktor-aktor ternama Indonesia seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya Rudy Wowor, Teuku Rifnu, dll.

Darah Garuda (2010)

Darah Garuda (2010)
Darah Garuda (2010)

Film ini merupakan sekuel dari Merah Putih dan melanjutkan kisah perjuangan Amir dkk. Kali ini, pemuda Indonesia melakukan misi nekat ke kamp tawanan Belanda demi menyelamatkan para wanita yang mereka cintai.

Hati Merdeka (2011)

Hati Merdeka (2011)
Hati Merdeka (2011)

Film ini adalah lanjutan dari Darah Garuda dan menjadikan ketiga film sebagai sebuah ‘Trilogi Merdeka.’ Berlatarkan awal revolusi Indonesia tahun 1948, para pemuda Indonesia berperang sebagai tentara gerilya dan melewati konflik perbedaan status sosial, etnis, budaya, serta agama.

Kartini (2017)

Kartini (2017)
Kartini (2017)

Tak lengkap membahas film pahwalan dan perjalanan kemerdekaan Indonesia jika tidak membahas film tentang ibu dan pahlawan para wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Aktris Dian Sastro memerankan karakter Kartini yang memperjuangkan hak perempuan dalam mengenyam pendidikan, serta membangun sekolah untuk masyarakat miskin.