HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) melaksanakan upacara pengukuhan yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Merdeka pada hari Senin, (15/8).

Upacara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di laman Istana Merdeka.

Pemipin upacara, Safina Vasha, kemudian melaporkan pembukaan upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka kepada pembina upacara, Presiden Jokowi.

“Lapor, upacara pengukuhan, pasukan pengibar bendera pusaka tingkat pusat tahun 2022 siap dilaksanakan,” demikian dikatakan Safina Vasha kepada Presiden dalam upacara yang ditayangkan di laman Youtube Sekretariat Presiden.

Sesi upacara pun dilanjutkan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi yang membimbing pernyataan ikrar calon pasukan pengibar bendera.

Upacara Pengukuhan Calon Paskibraka
Upacara Pengukuhan Calon Paskibraka (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

“Adik Safina Vasha, peganglah sang merah putih dengan tangan kananmu, dan letakkanlah di dada kirimu. Adik – adik calon pengebar pendera pusaka, ulangi kata-kata saya dengan suara yang tegas,” kata Yudian, yang kemudian diikuti oleh seluruh calon pasukan pengibar bendera.

Sebelumnya, calon pasukan paskibraka ini telah menjalani gladi kotor upacara di Istana Merdeka pada hari Sabtu (13/8) bersama gabungan TNI, Polri yang bertugas menyempurnakan prosesi upacara yang akan digelar pada 17 Agustus mendatang.

Pada tahun ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) adalah penanggungjawab kegiataan Pembinaan Ideologi Pancasila atau PIP, terhadap calon paskibraka ditingkat pusat dan daerah.