Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizBPS Catat Neraca Dagang RI Surplus 27 Bulan Beruntun

BPS Catat Neraca Dagang RI Surplus 27 Bulan Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat kinerja neraca perdagangan Indonesia pada bulan Juli 2022 secara tahunan mengalami surplus sebesar USD4,23 miliar year on year (yoy).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto mengatakan bahwa dengan hasil surplus di periode Juli 2022 ini membuat surplus neraca perdagangan Indonesia selama 27 bulan berturut-turut.

“Kalau kita lihat neraca perdagangan barang kita masih mencatatkan surplus, jadi kalau Kalau kita lihat tren ke belakang, neraca perdagangan Indonesia ini surplus selama 27 bulan berturut-turut sejak Mei 2020,” kata Setianto dalam keterangan pers, Senin (15/8).

Setianto kemudian menjelaskan bahwa surplus kali ini diperoleh dari nilai ekspor Indonesia lebih tinggi dibanding nilai impor. Tercatat, nilai ekspor Indonesia pada Juli 2022 mencapai USD25,57 miliar, sedangkan nilai ekspor Indoensia hanya tercatat sebesar USD21,35 miliar.

Jika dibanding dengan tahun sebelumnya di periode yang sama, nilai ekspor maupun impor Indonesia sama-sama mengalami pertumbuhan. Keduanya tercatat tumbuh masing-masing sebesar 32,03 persen dan 39,86 persen yoy.

Lebih lanjut, Setianto menjelaskan bahwa surplus neraca perdagangan kali ini banyak ditopang oleh komoditas nonmigas yang sebesar USD43,93 miliar.

“Sementara untuk migas kita mengalami defisit sebesar 3,08 miliar US dolar, ini komoditasnya antara lain adalah minyak mentah dan hasil minyak,” tutur Setianto.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.