HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kidal Internasional diperingati pada tanggal 13 Agustus di setiap tahunnya.

Mulanya, Hari Kidal Internasional dirayakan tahun 1976. Hingga kini, hari besar tersebut terus digaungkan di setiap tanggal 13 Agustus.

Hari Kidal Internasional itu sendiri merupakan perayaan untuk mempromosikan kesadaran akan ketidaknyamanan orang bertangan kiri dalam dunia yang didominasi orang bertangan kanan.

Orang bertangan kidal itu juga dikabarkan hanya mendominasi sekitar 7-10 persen populasi di dunia.

Sejarah Singkat Hari Kidal Internasional

Hari Kidal Internasional dirayakan sejak tahun 1976, dimana hal ini diperingati di setiap tahunnya pada tanggal 13 agustus.

Pada 13 Agustus 1997, Hari Kidal Internasional mulai dideklarasikan oleh Left-Hander’s Day Club.

Dalam deklarasinya, turut merayakan kekidalan yang dialami orang-orang tertentu, dan mengingatkan kesadaran mengenai kekurangan hingga kelebihan orang bertangan kiri.

10 Nama Terkenal Dunia Bertangan Kiri

Barack Obama

Barack Obama merupakan Presiden Amerika Serikat ke-44 dalam masa jabatan 2009-2017, seorang tokoh besar yang memiliki ayah angkat asal Indonesia (Lolo Soetoro) ini sukses menjadi orang kulit hitam pertama yang memangku jabatan Presiden AS.

Pangeran William

Pengran William digelar Yang Mulia Adipati Cambridge, ia merupakan anak pertama dari Prince dan Princess of Wales yang lahir di London 21 Juni 1982, dan dia merupakan orang bertangan kidal lho sobat Holopis.

Bill Gates

Kali ini datang dari tokoh bisnis dunia, dimana ada Bill Gates yang merupakan orang bertangan kidal. CEO Microsoft ini juga pernah dinobatkan sebagai orang paling derawan sedunia lho.

Steve Forbes

Steve Forbes merupakan seorang eksekutif penerbitan Amerika Serikat yang juga seorang politikus kenamaan dari Partai Republik.

Steve sendri memangku jabatan sebagai kepala penyunting Forbes, yang merupakan majalah kenamaan dunia.

Steve Jobs

Siapa sih yang tidak tahu Steve Jobs, yups dia adalah Pendiri Apple Inc. Meski Steve telah meninggal pada 5 Oktober 2011 lalu, namun jasanya terus berkembang sampai saat ini.

Mark Zuckerberg

Tak kalah terkenal dengan pebisnis lainnya, Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri jejaring sosial Facebook juga merupakan orang bertangan kidal lho.

Kurt Cobain

Kali ini datang dari dunia hiburan, ada Kurt Cobain yang merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu band Nirvana.

Karya-karyanya begitu abadi sampai saat ini, meski Cobain meninggal pada 5 April 1994 lalu.

George Michael

Masih di dunia hiburan, tak hanya Kurt Cobain yang karya-karyanya masih didengarkan para pecinta musik hingga saat ini.

George Michael yang meninggal pada 25 Desember 2016 tersebut juga merupakan orang bertangan kiri.

Lionel Messi

Selain dari dunia hiburan, bisnis, tokoh dan lain sebagainya, orang terkenal juga datang dari dunia olahraga.

Ada Lionel Messi yang merupakan orang bertangan kidal. Tak diragukan lagi, bakatnya sampai saat ini masih menggaung di dunia sepakbola dunia.

Diego Armando Maradona

Masih satu negara dengan Lionel Messi, ada legenda sepakbola dunia yakni Maradona. Siapa sih yang tidak tahu pesepakbola yang satu ini.

Maradona menjadi salah satu inspirasi besar bagi pemain sepakbola masa kini, kepiawayannya dalam mengolah si kulit bundar begitu tersohor di dunia.